setting silinder head

Menurut Ibnu Sambodo, efiseinsi yaitu campuran bensin-udara yang bisa masuk ke dalam silinder. Untuk mendapatkan angka 100 persen memang susah. Banyak faktor yang mendukung. Seperti diameter payung klep, porting, karburator dan knalpot.

Soal karbu, payung klep lebar dan knalpot, mekanik lokal sudah banyak yang tahu. “Tinggal porting yang belum dimainkan,” jelas Ibnu. Makanya dari dulu sudah banyak yang pasang klep lebar namun kenyataanya motor belum bisa lari kencang

Porting yang dilakukan guna memperlebar lubang isap dan buang. “Menurut buku Four Stroke Perpormace Tuning, karya A. Graham Bell, besarnya 80 persen dari diameter katup,” jelas Ibnu.

Namun angka 80 persen tidak mengikat. “Mekanik sendiri yang harus merasakan ubahan itu,” jelas Ibnu. Tentu berdasarkan coba-coba.
mempercepat aliran bahan bakar-udara menuju ruang silinder. Caranya dengan menaikkan posisi klep. Sitting klep dan katup naik. “Sehingga kepala silinder bisa dipapas abis dan kompresi bisa besar.

Cara mempercepat aliran laju gas bakar juga diterapkan Benny Djatiutomo pada Jupiter besutan Hokky Krisdianto dan H. Ichal. Caranya dudukan intake manifold di kepala silinder dipapas. Besarnya angka papasan sekitar 4 mm. Cukup.

Ilmu Porting Luar (1) CFM = Aliran Gas Bakar

Istilah CFM masih asing di telinga mekanik lokal. Ini ilmu 4-tak impor didapat mekanik Indonesia yang belajar ke luar negeri. “Artinya debit aliran gas bakar di lubang isap dan buang. Satuannya CFM (Cubic Feet Minute),” sebut mekanik yang tahu CFM tapi ogah disebut nama.

Sudah pasti bisa ditebak. Mekanik yang belajar khusus keluar negeri yaitu Benny Djatiutomo ke Swedia. Atau Tomy Huang ke Australia. Beny mekanik Star Motor, Jakarta dan Tomy penemu CDI Cibinong.



CFM dalam satuan Inggris. Kalau satuan metriknya m3/detik. Atau cc/detik. Untuk mengukur CFM harus menggunakan alat yang disebut flowbenches atau bahasa sininya flowmeter.

Angka CFM sangat besar artinya. Makin besar CFM akan didapat daya kuda yang melangit. “Angka CFM paling tinggi kastanya. Kemudian menyusul kem, kompresi dan pengapian,” jelas sumber yang belum mau sesumbar itu.

Angka CFM disensor dari lubang isap dan buang. Untuk mengetahui aliran di titik tertentu dipasangi sensor. Kemudian dialiri udara. Maka sensor akan mendapatkan sinyal kecepatan debit udara itu.

Untuk mendapatkan CFM yang besar, porting lubang isap dan buang harus benar-benar bagus. Banyak faktor lain yang juga mempengaruhi. Seperti sudut atau tekukan manifold, bentuk dan kerataan lubang, besar payung dan batang klep. Serta bentuk bibir klep dan ruang bakar.

Berarti kunci tenaga besar letaknya di kepala silinder. Sesuai dengan komentar Scott Crouse, penulis di website Chevy High Performance. Katanya begini, kunci untuk mendapatkan tenaga kuda besar tergantung di kepala silinder. Bentuk lubang (isap dan buang), aliran gas bakar ke silinder dan ke luar silinder.

Ketika mengorek mesin, kepala silinder dulu yang disasar. Aliran lubang isap dan buang dibenahi. Selanjutnya bawa ke bengkel yang punya flowmeter. Bisa ditebak besar alirannya dalam satuan CFM.

Untuk mengkonversi dalam satuan dk atau HP tinggal dikalikan. Rumusnya sederhana, yaitu: HP = 0,256 x cfm

Dari bisik-bisik, Yamaha Jupiter-Z pacuan Hokky Krisdianto sekitar 65 cfm. Maka daya kudanya bisa dicari. Tinggal dikalikan 0,256. Hasilnya 16,64 dk (HP). Menurut Beny, dari dynotest didapat 18 dk.

Bisa lebih besar 2 dk, sebab pengapian, kompresi dan kem mendukung. Jika faktor itu kurang bagus, penurunannya juga turun sekitar 2 dk. Jadi, gampang sekali sebenarnya menggapai daya kuda besar. Tinggal bikin dulu porting yang benar.

Ilmu Porting Luar (2) Perbesar CFM

Minggu lalu sudah dibahas Cubic Feet Minnute alias CFM yang menyatakan aliran gas bakar di lubang isap dan buang. Kenaikan CFM seiring dengan daya kuda yang dihasilkan mesin. Untuk itu mekanik perlu berlomba menaikan angka itu. Caranya ditempuh dengan memperbaiki kinerja kepala silinder.

Bagaimana caranya? Dari pengalaman, intip saja kepala silinder Jupiter-Z pacuan Hokky Krisdianto yang dibenahi di Swedia lewat Benny Djatiutomo. Atau Honda Legenda dan Karisma milik BRT (Bintang Racing Team) yang dibenahi di Australia lewat Tomy Huang dari Cibinong. Yuk dilihat. Aong

KLEP LEBAR DAN LIFT

Debit gas bakar bisa dipompa dengan pasang klep payung lebar. Semua mekanik sudah tahu itu. Ditempuh lewat cara mengubah posisi sudut klep. Justru lebih penting lagi tinggi angkat katup dan durasi harus dinaikkan. Tentu lewat papas pantat kem.

Durasi juga sudah banyak yang tahu, tinggal lift. Makin tinggi angkat katup, CFM akan terdongkrak. Namun tidak bisa mematok lift setinggi-tingginya. Terbentur mentok seher dan pegas klep yang tidak kuat.

Batas ideal, rata-rata setiap bebek 110 dan 125 cc tinggi angkat katup sekitar 6 mm. Akan diraih angka CFM yang besar dan pegas klep dianggap masih aman. Sebab yang bagus jarak main pegas katup tidak abis sampai mentok.

Diusahakan jarak main pegas hanya tertekan setengah. Sebab bila lewat dari itu, klep akan menutup lebih telat lantaran per loyo. Bahkan timbul suara kraaakkk… kasar di kepala silinder bila gas dibejek abis.

Jarak main klep bisa dilihat langsung. Per klep tanpa tekanan diukur dulu. Kemudian per ditekan sampai mentok. Nah, perbedaan panjang kondisi bebas tanpa tekanan dan ada tekanan itu namanya jarak main pegas.

ATUR ULANG LUBANG

Agar aliran gas bakar lebih cepat keluar-masuk ruang silinder, lubang isap dan buang dipersingkat. Jangan sampai berkelok-kelok. Arahnya diluruskan. Seperti yang ditempuh Benny Djatiutomo dan Tomy Huang, menambal permukaan lubang yang berkelok.

Setelah ditambal, lubang isap dan buang diperlebar kembali. Menggunakan pisau tuner, dikikislah bagian depan yang ditambal tadi. Agar besar lubang tetap seperti semula.

Namun lem yang digunakan untuk menambal lubang berkelok masih jadi rahasia. Maklum untuk mendapatkan ilmu CFM perlu biaya besar dan harus keluar negeri. Tapi, bagi yang mau ikutan dan punya dana cekak, cukup baca MOTOR Plus dan kembangkan sendiri. Kan murah meriah, makanya baca terus…

PENGARUH BATANG KLEP

Memang sih besar batang katup dipangaruhi besar bos klep. Namun perlu dicermati, lihat batang katup yang dekat payung klep. Pasti ada bagian yang mengecil. Itu artinya, ketika klep sedang membuka diusahakan batang yang kecil itu tepat di tengah lubang isap atau buang.

Alasan itu supaya CFM besar. Sebab batang klep juga bisa menghambat aliran gas bakar. Itu sebabnya dari pabrik klep yang bagus di batang ada bagian yang mengecil. Terutama yang dekat payung klep itu.

Ilmu Porting Luar (3) Trik Perbesar Debit Gas Bakar



Yuk dilisting dulu. Brother yang punya Honda Karisma 125, Shogun 125, Honda Supra Fit, Supra X 125, Smash 110 dan Kymco Cevira silakan tukar informasi soal sakelar sein. Meski beda pabrik, sakelar sein motor tadi sama persis.

Jadi kalau ada masalah dan pengin beli sakelar sesuai merek tapi barang lagi nggak ada, bisa bilang ke nci penjaga toko carikan sakelar lain. Tinggal sebut sakelar sein merek dan tipe motor di atas.

KLIK - DetailBeberapa pengalaman, sakelar sein Honda Karisma agak sulit di toko. Lain dengan milik Supra, Smash atau Shogun. Padalah barangnya sama. Untuk orisinal tertulis Toyo Denso atau Japan Toyo Denso di milik Honda atau SGP (Suzuki Genuine Part). Merek lain juga ada semisal Boramtek.

Em-Plus membongkar kedok salah satu motor untuk membuktikan. Yang jadi contoh Suzuki Shogun 125. Setelah dibuka, ada soket tiga kaki untuk dudukan sakelar tadi. Saat dicoba, peranti Karisma, Smash sama persis dengan milik Shogun (gbr. 1).

Ilmu Porting Luar (4) Tiru Trik Mekanik Amrik


Berkunjung ke bengkel MBG di Jogja, mereka terkenal bikin mobil drag race dan sering dapat order ubah posisi sudut kemiringan klep motor. Di sana terdapat Flowbench merek Superflow tipe 110 untuk mengukur hasil porting kepala silinder.

Sekalian belajar menggunakan Superflow lewat bantuan Widodo yang jadi operator alat buatan Amrik itu. Lebih menarik lagi ada buku manual cara menggunakan alat pengukur debit gas bakar itu. Cuma sori coy, katanya hanya orang tertentu boleh tahu.

Pada bab 4.0 menerangkan bentuk dan besar lubang isap ideal. Guna didapat aliran gas bakar maksimum. Khusus untuk intake atau lubang isap dengan suplai karburator atau sistem injeksi.

Jelasnya, perhatikan (gbr. 1). Ukuran venturi atau moncong karbu 0,85 dari diameter klep. Untuk motor 4-tak Indonesia susah mencari angka ini. Hasilnya pasti kecil sekali. Sebab basis dasar motor balap yang dipakai adalah bebek jalanan untuk ke pasar.

Tapi, regulasi bisa dijadikan patokan. Jika bebek 110 cc langsung pasang karburator 24. Bebek 125 cc tinggal caplok karbu 28 mm. Gampang, kan!

Tinggal lubang manifold. Digambarkan sebesar diameter klep. Besarnya akan sama dengan lubang atas di kepala silinder.

Bagian ketiga ada lagi yang mengecil. Sebesar 0,85 kali diameter klep (0,85D). Contoh klep bebek 125 cc dari regulasi baru klep 31 mm. Maka 0,85 x 31 = 26,35 mm. Posisi ini katanya berada 12 mm di atas sitting klep (dudukan klep).

Ilmu Porting Luar (5-Abis) Hal Kecil Pengaruhi CFM

Guna mendapatkan CFM besar masih banyak cara yang perlu dilakukan. Berpatokan dari buku Flowbent Operator Manual SF-110/120 dari Superflow Corporation Amerika. Buku itu menjelaskan cara penggunaan alat pengukur CFM yang mempengaruhi daya kuda mesin.

Berikut hal kecil yang mempengaruhi besaran CFM.

Tinggi Angkat Katup (Lift)



Soal tinggi angkat katup pernah juga dibahas MOTOR Plus. Namun ketika itu masih berpatokan pada pegas klep lokal yang belum kuat. Akhirnya mengambil cara aman dengan berpatokan pada jarak bebas main per.

Masih ada patokan bisa dijadikan pegangan dari buku panduan Superflow itu. “Tinggi angkat katup mempengaruhi aliran gas bakar di mesin,” jelas Widodo, operator Superflow dari MBG Racing Team Jogja.

Menggunakan Superflow, bisa dilihat pada tabel untuk beberapa lift yang berbeda. Tentu berdasarkan percobaan dan pengukuran. Mesin harian kebanyakan tinggi angkat katup diambil aman, sekitar 0,25 x d (d=diameter klep).

Untuk mesin racing diambil ekstrem. Berkisar 0,30 x d atau 0,35 x d. Jika di Yamaha Jupiter-Z 110 aplikasi klep diameter lebar 27 mm. Lift yang ideal bisa digapai sekitar 27 x 0,3 = 8,1 mm. Tinggi sekali, kan?

Dari hasil pengukuran Superflow bisa dilihat tabel. Angka yang ideal CFM tertinggi harusnya 27 x 0,35 = 9,45 mm. Namun rasanya lumayan sukar untuk mencapai angka lift sebesar itu.

Banyak yang perlu dipertimbangkan. Seperti ketahanan pegas. Jarak main bebas pegas dan kekerasan per itu sendiri. Jika lift kelewat tinggi pegas enggak kuat atau malah loyo. Masalahnya komplek.

Menurut Benny Djatiutomo dari Star Motor Jakarta, banyak faktor mesti diperhatikan. Bisa saja caplok per keras agar kuat. Namun risiko gesekkan tinggi dan tenaga mesin berkurang.

Begitu juga menurut Tommy Huang yang pernah meriset per sampe ke Taiwan. Katanya lumayan susah untuk mencapai lift setinggi 9 mm. Karena pegas yang terlalu pendek dan bahan yang enggak kuat. Akhirnya pria berkamata itu cari aman, mematok lift Honda Karisma tim BRT (Bintang Racing Team) 6 mm.

Hasil riset pegas dari penemu CDI Cibinong itu akhirnya dikomersialkan. Mengimport dari Taiwan khusus per ideal. Dikasih merek BRT (Bintang Racing Team).

RUANG BAKAR DONGKRAK TORSI


Buku panduan cara menggunakan Superflow juga menerangkan desain ruang bakar. Katanya ruang bakar yang bagus mampu mendongkrak torsi. Untuk mesin 1.000 cc torsi mengembang sampai 100-108 Nm.

Untuk bebek lokal yang berada di rentang 110-125 cc, tinggal dibagi. Kenaikannya berkisar 10 Nm atau 1 kgm. Cukup lumayan.

Perlu diketahui juga. Ruang bakar yang bagus mampu menimbulkan efek turbulensi gas bakar. Juga mampu mempersingkat waktu pembakaran. “Seting timing pengapian harus lebih mundur (retard),” jelas Benny yang belajar ilmu korek ke Swedia itu.

Berarti efek turbulensi ruang bakar seperti mesin kompresi tinggi. Waktu pengapian harus mundur alias dekat TMA (Titik Mati Atas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Taufik Jatmiko © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter